Ayat Tentang Perintah Puasa Ramadhan

ayat tentang perintah puasa

Puasa Ramadan ialah ibadah yang wajib dilaksanakan untuk umat Islam. Ayat alquran tentang puasa ramadhan ada pada Surat Al-Baqarah ayat 183.

Ayat Tentang Perintah Puasa

Dalam ayat alquran tentang puasa dibawah ini, Allah berfirman jika orang yang memiliki iman wajib berpuasa. Berikut surat Al-Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : Wahai, orang-orang yang memiliki iman, diharuskan atas kamu berpuasa seperti diharuskan atas orang-orang saat sebelum kamu supaya kamu bertakwa.

Lewat ayat ini bisa diterangkan jika puasa mempunyai hukum wajib untuk orang yang memiliki iman. Disamping itu, puasa termasuk juga dalam rukun Islam ke-3 . Ayat tentang perintah puasa ini bila ditangani dengan benar-benar pasti Allah akan beri cap ketakwaan untuk tiap aktornya.

Beribadah puasa juga diharuskan pada umat-umat sebelumnya saat sebelum umat Nabi Muhammad SAW.

Wahyul menerangkan Nabi Adam jalankan puasa Ayyamul Bidh, Nabi Nuh AS jalankan puasa sebagai wujud rasa sukur ditolong dari banjir besar. Nabi Ibrahim berpuasa karena permintaan doa yang terkabulkan, sedang Nabi Daud berpuasa sebagai permintaan ampun.

Surat Al-Baqarah ayat 183 ini dituruti dengan 2 ayat tambahan berkenaan berpuasa pada ayat 184 dan 185. Pada dua ayat itu, Allah memberi kemudahan pada orang-orang memiliki iman yang diperbolehkan tidak berpuasa. Tetapi, mereka harus menukar puasanya pada hari lain.

Untuk orang yang berat jalankan beribadah puasa seperti orang lansia bisa menukar puasanya dengan bayar fidiah berbentuk memberi makan orang miskin.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan